Enggak banyak alat dan modal
Maaf..., bukan maksudnya bersihin kolong jembatan dari grafiti yang enggak jelas. Tapi, ini kali Em-Plus mau ngajak sobat buat bersihin kolong pacuan yang jarang tersentuh ketika dicuci. Misalnya, di pacuan tipe skubek. Bagian kolong sasis, biasanya tertutup dek bawah. Sisi ini, juga musti dibikin kinclong!
“Baiknya, perawatan dilakukan minimal setahun dua kali. Ini bisa cegah karat hinggap,”http://kumbahresik.blogspot.com/
Bisa dilakukan setelah proses pencucian seluruh motor atau juga sebelumnya. “Kalau sebelumnya, jadi usai proses bersih kolong bisa langsung cuci semua. Ini bisa lebih bersih,” kata pria berambut panjang itu.
Pertama, buka dulu cover dek bagian bawah dan atas yang biasa jadi pijakan kaki pengendara. Setelah itu, cuci sasis pakai sabun colek dicampur deterjen.
Buat awal, gosok dulu pakai bagian yang kasar. Setelah itu, bilas pakai air. Lalu, ulangi lagi dengan menggosok pakai bagian spoon yang halus. Lewat proses ini, sasis bawah bakal tampil kinclong.
Semprot oli pakai pembersih karbu
Selain sasis, biasanya ada juga motor yang kepala silindernya agak sedikit dilapisi permukaan oli. Mungkin, karena ada sil yang bocor dari penutup setelan kerenggangan klep.
Jika alami hal ini, membersihkannya cukup gunakan bensin atau solar. “Sebaiknya sih solar. Karena sifat cairan ini tidak sekeras bensin. Bisa juga pakai carburator cleaner atau engine cleaner. Tinggal semprot aja,” tambahnya.
SOKET
Tak ada salahnya juga memperhatikan kebersihan soket-soket jika ada dibagian dek atau bagian yang jarang tersentuh. Pastikan, bagian ini terlindung juga dari korosi. Sebab kalau ada karat, arus litrik tak terhantar sempurna.
Membersihkannya bisa disemprot pakai carburator cleaner. Tapi, selain pembersih karbu, sobat juga bisa aplikasi cairan pembersih barang-barang elektronik. Ini juga ampuh buat bersihkan soket-soket. “Setelah itu, lapisi lagi pakai cairan anti-karat. Misalnya, WD-40,” saran Arthur lagi.
Usai semua proses dilakukan, biara makin kinclong bisa aja bagian sasis ikut diploes layaknya bodi. Karena licin, debu jadi sedikit enggan buat nempel.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar