November 06, 2011

Tips Merawat Cat Body Motor Second

 
Perawatan pada tidak harus pada mesin dan penampilannya saja, tapi juga pada rantai roda vital di motor harus juga sering diperhatikan untuk perawatannya, agar dijaga kebersihan dari pasir, debu dan air agar dapat berfungsi baik. Jika diabaikan cepat aus, kendur bahkan bisa putus di jalan.

Agar tahan lama dan awet, harus dibersihkan juga dilumasi. Namun sebelum memberikan pelumas pada rantai, sebaiknya periksa kondisi rantai itu. Jika kotor, ada baiknya bersihkan rantai lebih dulu.

Untuk tips membersihkan rantai pada motor second, baiknya pakai air sabun dibantu sikat. Cara ini terbilang lebih aman meskipun temponya cukup lama apalagi debunya campur oli.

Jika kotoran sulit terangkat, atasi dengan bensin atau solar. Contohnya saat membersihkan rantai motor bebek. Seluruh bagian hingga ke celah rantai harus dibersihkan, sekaligus permukaan gir depan maupun belakang. Kalau sudah bersih, diuci air sabun dan dibilas air bersih. Tapi, jangan biarkan terlalu lama dan segera keringkan menggunakan lap kain untuk mencegah karat.

Lanjut semprotkan pelumas secukupnya secara merata. Pakainya oli baru yang punya kekentalan atau SAE 60W dan jangan gunakan gemuk. Karena sifat gemuk yang lengket membuat pasir dan debu mudah menempel hingga menyebabkan abrasif.

Selain kebersihan rantai, periksa dan sesuaikan ketegangan rantai agar tidak memberikan efek entakan saat motor berakselerasi maupun deselerasi. "Rantai kendur juga menimbuklkan suara berisik.

Perhatikan juga jenis rantainya motor. Jika memiliki sistem pelumasan tertutup yang tiap mata rantai terdapat sil karet, tidak dianjurkan menggunakan bensin saat pembersihan. Karena merusak karet-karet sil.

 
Meski sering kali anda sudah membersihkan dan sirami dengan air untuk mencucinya, tapi tetap saja semakin lama bodi anda terlihat kusam dan tak menarik. Dengan tampilan yang beda sering membawa kesan tersendiri. Selain saat ini tampilan-tampilannya cat motor sudah dirancang menarik oleh produsen sepeda motor tersebut, ditambah perawatan, akan membuatnya tampil lebih berkelas dan juga menambah keyakinan sehingga bangga dalam mengendarainya.

Banyak iklan-iklan pemoles bodi sepeda motor di televisi dengan menggunakan sepeda motor tipe sport, menampilkan bintangnya bercermin pada tangki bensinnya yang mengilat. Body sepeda motor yang umum beredar di Indonesia sebagian besar terbuat dari bahan plastik padat yang mempunyai karakteristik mudah pecah, tergores, dan pudar sehingga perlu disiasati agar body kendaraan anda tidak rusak, berikut ini tips merawat cat body motor second

Jika pada musim kemarau usahakan kendaraan Anda selalu dalam keadaan bersih dari debu dan kotoran yang ada selama Anda mengendarai kendaraan tersebut. Tempatkan sepeda motor di tempat yang teduh supaya cat tidak mudah kusam dan pudar warna kendaraan Anda. Jika ingin membersihkan debu yang menempel di bodi, jangan menggunakan lap kering karena dapat menyebabkan tergoresnya cat. Sebaiknya bersihkan debu dengan bulu ayam.

Lakukan pencucian kendaraan Anda dengan sampo yang banyak beredar di pasaran. Jangan menggunakan sabun atau deterjen karena akan merusak bodi kendaraan Anda dan yang paling penting langsung dilap sampai kering dan sisa-sisa sabun hilang. Sisa-sisa sampo membuat cat menjadi kusam. Dalam mencuci sepeda motor, sebaiknya gunakan lap yang berpermukaan halus dan tidak berserat agar cat tidak tergores.

Dampak negatif air hujan. Jangan abaikan juga perawatan bodi saat musim penghujan tiba. Air hujan bersifat asam, lebih parah lagi di kota-kota besar. Air yang asam tersebut akan merusak cat, bahkan jangka panjangnya bisa korosi. Maka, pada saat-saat itu perawatan bodi mutlak harus Anda lakukan karena kadar asam yang terdapat dalam air hujan bisa memupus angan-angan Anda untuk memiliki kendaraan yang mengilat dan bernilai jual tinggi. Untuk mencegah kerusakan pada cat, bekas-bekas air hujan pada bodi harus di bersihkan dan dikeringkan. Jangan sekali-kali membiarkan sepeda motor Anda teronggok begitu saja sehabis seharian diguyur air hujan atau basah karena melewati genangan air karena di samping merusak cat, juga bisa mengakibatkan karat pada mesinnya.

Dampak negatif kondisi pinggir laut. Daerah pinggiran laut memiliki udara dengan kadar garam yang tinggi, apalagi airnya. Sepeda motor yang sering digunakan di daerah tersebut perlu mendapat perawatan ekstra akibat pengaruh garam tersebut. Garam terkenal sangat korosif terhadap logam, misalnya pada mesin atau pelek. Bagi Anda yang hobi jalan-jalan-ke pantai, segera bersihkan dari dampak garam tersebut dengan mencuci bersih sepeda motor memakai sampo yang direkomendasikan.

Cat tidak boleh terlalu sering dipoles. Penggunaan pemoles bodi yang membuatnya mengilat dan terlalu sering akan menipiskan lapisan cat.

Sekian tips singkat tentang informasi otomotif dari saya semoga bermanfaat bagi pembaca dan para bikers.

 
Jika mesin motor second anda sering mengalami kerusakan pada bagian blok atau secara tiba-tiba blok motor anda sering banjir. Anda jangan langsung memutuskan untuk membawa kendaraan anda ke bengkel, karena ada cara yang lebih efektif dalam menangani kerusakan seperti ini.

Maka cara yang cepat untuk tips memperbaiki blok mesin motor second tersebut ialah dengan membuka blok besin motor anda dengan sebuah obeng tentunya, ada syarat yang paling utama adalah anda harus memilik perlengkapan seperti kunci-kunci, tang, obeng dan perlengkapan lainnya. Karena jika anda sudah memiliki perlengkapan tersebut tapi anda tak tahu caranya, kan percuma.

Berikut ini penjelasannya :  Siapkan Peralatan anda seperti obeng dan tang, Buka satu persatu sekrup yang mengunci blok mesin pada motor anda.
Setelah semua penutup blok terbuka, coba anda perhatikan ‘pelampung‘ yang terdapat di dalam blok mesin motor anda .

Bila ‘pelampung‘ yang terdapat pada blok mesin Anda terlihat baik, maka coba Anda periksa saluran atau selang bensin yang menghubungkan mesin ke tangki pengisian. Bila semua dirasa baik-baik saja, silahkan anda coba untuk meng’engkol atau men'sela motor anda sesekali.
Penjelasan di atas menjelaskan bila ‘ pelampung ‘ yang terdapat pada blok mesin Anda dalam kondisi baik. Bila ‘pelampung‘ tersebut dalam keadaan tidak normal, Ada cara mudah kok untuk memperbaikinya. Buka tiap-tiap baut pada penutup pelampung, Goyang-goyangkan lah pelampung tersebut dengan gerakan ke atas dan kebawah.
Bila salah satu kipas yang terdapat pada ‘pelampung‘ itu ada yang bengkang, maka betulkanlah kipas tersebut.

Jangan lupa menutup keran mesin motor anda bila anda sedang memperbaiki kerusakan tersebut, karena bisa membahayakan diri anda dan orang lai








Tips Merawat Lapisan Krom Pada Motor Second
 
Pada banyak bagian part motor yang berlapiskan krom, sebut saja dari knalpot, gagang spion sampai rak barang. Kesan yang timbul, motor terlihat lebih mewah dan elegan. Makanya perlu perawatan khusus supaya lapisan krom tetap terlihat kinclong tanpa khawatir bikin pudar.

Memang, di pasaran onderdil banyak yang menjual obat poles khusus krom. Tapi kalau mau cara mudah dan gampang, ada sedikit tips merawat lapisan krom pada motor second biar enggak perlu belanja ke toko spare-part, tapi bisa cari di pasar tradisional, atau apotek. Hanya butuh perlakuan halus untuk merawat krom.

Krom bisa dirawat dengan tepung kanji atau bedak khusus bayi, bersihkan dahulu barang yang sudah berlapis krom dengan sabun cuci piring, dan gunakan air mengalir, bukan air bertekanan tinggi," Intinya, sabun cuci piring diyakini punya kemampuan lebih untuk mengangkat kandungan lemak ataupun oli yang tertinggal. begitu juga penggunaan air bertekanan yang bisa membuat lapisan krom terkelupas.

Setelah bersih, lanjutkan dengan memoles permukaan krom pakai bedak bayi, atau kalau mencari di dapur, coba gunakan tepung kanji. "Bedak bayi dan tepung kanji lebih halus dan enggak ada partikel yang bisa merusak lapisan krom,".

Maksudnya, biar tak kasatmata terlihat, tapi partikel halus yang terkandung dalam obat poles akan membuat lapisan krom pudar. Indikasinya, lama kelamaan krom akan terlihat kuning, dan efek paling parah, lapisan krom akan hilang.

Beda dengan obat poles yang bukan diperuntukkan krom, biasanya ketika dipegang, akan terasa partikel seperti pasir, walau halus. Saat memoles, bisa dengan gerakan memutar, atau bisa juga searah. Tinggal poles saja beberapa bagian misal knalpot atau gagang spion.

Jangan ketinggalan bagian tekukan, soalnya pada bagian ini lapisan krom paling tipis. Jadi harus ekstra hati-hati. Dan  jangan lupa menggunakan kain lap halus ketika memoles krom nya.

 
Pemakaian bagasi atau yang lebih dikenal box motor kini tengah menjadi trend dikalangan bikers. Pengadopsian box ini selain memiliki manfaat bagi pengendara juga menjadikan motor second menjadi lebih fashionable. Dengan banyaknya para pengguna sepeda motor yang menggunakan box sebagai aksesoris motor murah tambahan yang menempel pada sepeda motornya. Pada umumnya box yang di gunakan oleh pengguna sepeda motor ada dua jenis, yaitu box belakang dan box samping. Salah satu produsen box motor berlabel GIVI menjadi pelopor perkembangan penggunaan box motor di tanah air. Box yang berasal dari Italia ini menjadi pilihan para bikers karena model-modelnya yang modis dan elegan.

Bagi anda yang berminat memasang box motor agar tampilan motor anda menjadi lebih modis dan praktis membawa barang-barang, anda dapat memasang sendiri box sendiri tanpa harus kebengkel. Berikut tips pemasangan box pada motor second, dalam hal ini penerapannya pada motor second matic, namun tips ini tidak menutup kemungkinan untuk diterapkan pada motor lainnya.

Untuk pemakaian box, hal yang paling utama adalah pemilihan box dalam arti disesuaikan dengan postur motor. Ada baiknya ukuran box tersebut di sesuaikan dengan dimensi motor anda, paling tidak di sesuaikan dengan kebutuhan kita,seperti barang apa yang biasa kita bawa dan isi dari box tersebut nantinya.Jangan sampai anda salah membeli ukuran dan kurangnya harmonisasi antara ukuran box dengan dimensi motornya.

Pengguna sepeda motor banyak yang mulai memasang box belakang menjadi box samping untuk membuat tampang motornya menjadi semakin gemuk dan gagah tetapi tolong untuk yang memasang box perhatikan juga ukuran sepeda motornya jadi  jangan sampai motor kecil menggunakan box yang berukuran besar. Jadi gunakan ukuran box yang sesuai dengan ukuran sepeda motor.

contohnya, misalnya sepeda motor matic Honda Vario malah menggunakan box Givi jenis E55 Maxia dan Side Box V35 tidak seimbang karena itu terlau kebesaran dan agar memilih box sesuai dengan postur motornya, anda sesuaikan jangan terlalu kecil dan jangan terlalu besar Bagi pengendara motor matic untuk memakai GIVI E35 yang memiliki kapasitas 35 liter. "Vario punya bodi besar, cocoknya pakai (GIVI) E35. Box ini dapat memuat helm, jaket sampai tas." terbilang cukup mudah dan tidak perlu merubah bentuk asli motor. Pertama behel belakang di copot, caranya dengan melepas baut pengikat behel dengan kunci ring lalu diganti braket atau dudukan box. Kemudian pasang box lalu dikencangkan dengan baut bawaan pabrik. "Jadi tidak ada perubahan sama sekali." 

 
Tentang bagaimana dasar-dasar tips merawat motor second empat tak, jika ini dilakukan secara rutin di jamin lebih awet



Berikut dibawah ini tips nya :


Cek Kondisi Oli : Oli mesin ini sangat penting peranannya untuk melumas komponen-komponen mesin, seperti stang saher, saher, dan ring saher, kruk as dan noken as atau stang klep. Oleh karena itu, jika keberadaan minyak pelumas sudah berwarna kehitam-hitaman atau kelenturan daya lumasnya berkurang, maka sebaiknya diganti. Ganti oli secara periodic dan gunakan sesuai dengan rekomendasi dari kendaraan kamu.


Cek Kondisi Aki : Jangan dibiarkan air accu melewati batas maksimum dan minimum yang akibatnya bisa mempercepat kerusakan pada sel-sel accu. Kalau perlu tambahkan aki pada pagi hari. Selain itu, jika baterei atau accu tersebut sudah melemah secepatnya diganti, sebab jika dipaksakan selain kedua kutub positif dan negatif akan mengeluarkan korosi (serbuk putih), korosi tersebut akan menjalar ke bagian kabel-kabel utama yang menghubungkan arus listrik ke saluran lampu, dinamo, atau bagian-bagian lainnya. Oleh karena itu, jika terjadi hal itu, arus listrik yang dihantarkan baterei atau accu tidak sempurna dan bisa menyebabkan kerusakan pada komponen dinamo, kontak mesin maupun switch lampu. Satu hal yang perlu diperhatikan jika accu sudah lemah atau tidak mampu di starter dan distarter, jangan dipaksakan dengan mendorong sepeda motor untuk menghidupkannya. Sebab bisa merusak gigi transmisi.

Periksa Rantai dan Gir : Jangan biarkan rantai terlalu kendor, atau terlalu kencang. Terlalu kendor bisa membuat rantai copot dari girnya, sementara terlalu kencang bisa mengakibatkan putus rantai. Cek juga kondisi gir, jika sudah tajam segera ganti karena jika tidak rantai bisa tiba-tiba putus. Bahaya kan, kalo lagi ngebut tiba-tiba putus rantai.

Periksa Kabel Koil dan Busi : Perhatikan keberadaan kabel koil yang menghubungkan arus listrik ke busi. Jika sudah cukup umur dan sudah terlihat ada retakan dan pengerasan pada kabel tersebut, maka sebaiknya diganti. Juga perhatikan keberadaan busi karena busi sangat vital untuk kelancaran sebuah mesin kendaraan.

Perhatikan Selang Bensin : Komponen lainnya yang perlu diperhatikan selang bensin ke karburator. Jangan membiarkan kondisi selang bensin mengeras atau terjadi retakan-retakan, karena bagian dalam selang bisa jadi sudah tidak elastis yang mengakibatkan serbuk kotoran yang berasal dari selang terbawa ke karburator. Yang pada akhirnya akan terjadi penyumbatan suplai bensin dari tanki ke karburator sehingga mengganggu sistem pembakaran.

Panaskan Mesin selama 1 Menit : Panaskan mesin sebelum motor dijalankan, tak perlu lama-ama cukup 1-2 menit. Ini supaya sirkulasi oli bisa melumasi seluruh bagian dalam mesin yang bergerak. Jangan terlalu lama memanaskan karena akan membuat pipa knalpot menguning selain itu pastinya jadi buang-buang bensin.


Periksa tekanan angin ban : Jangan terlalu keras dan juga jangan kurang karena bisa berakibat kembang ban motor rusak sesuaikan dengan ukuran ban yang kamu pake.


Gunakan Selalu Sparepart Asli  : Lebih baik menggunakan sparepart asli dari motor kamu mungkin lebih baik mahal sedikit, tapi puas dan tahan lama daripada memakai yang tidak asli, murah tapi kalau harus ganti-ganti terus ya sama aja mahal kan, daya tahannya juga kurang kalau pake yang imitasi.






 
Pilih dan kenali dulu sepeda motor second yang anda inginkan. Jika anda sudah mempunyai pilihan sepeda motor second maka perhatikan hal-hal sebagai berikut : 
  • Sesuaikan dengan kemampuan keuangan anda dalam pembayaran Angsuran, karena beberapa lembaga keuangan kredit akan mengambil sepeda motor Anda jika telat membayar angsuran dalam jangka waktu dua bulan.
  • Hitunglah harga total sepeda motor yg Anda beli dan bandingkan dgn angsuran perbulan dan lamanya kredit.
  • Sebaiknya ambil Kredit motor Murah yg DP besar angsuran ringan dan jangka waktu singkat, untuk untuk hal ini Anda bisa konsultasi dgn customer service.
  • Jangan mudah tertipu dgn bujuk rayu marketing atau sales, karena dibalik itu semua beberapa dari mereka hanya mengejar target penjualan.
  • Ambilah sepeda motor secara langsung tanpa melalui jasa orang lain, jadi Anda sendiri dapat berkomunikasi langsung dgn pihak dealer tanpa harus melalui perantara (calo). Hal ini karena adanya komisi yg diberikan dari pihak dealer kepada calo atau perantara pembeli.
  • Ingat hindari calo (perantara) karena telah terjadi banyak penipuan penjualan sepeda motor yg dilakukan oleh calo dgn janji-janji kemudahan proses pembelian sepeda motor.
  • Kredit motor second murah dapat dilakukan pada saat dealer melakukan promosi. Biasanya akan ada discount yg nilainya lumayan besar. Seperti promosi saat lebaran, natal, dan tahun baru.
  • Buka wawasan anda tentang sepeda motor, jika Anda seorang pecinta sepeda motor dan selalu ingin tampil update dgn sepeda motor sebaiknya tanya dulu tentang launching produk baru. Jangan sampai Anda membeli sepeda motor yg rusak.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar