Perawatan pada tidak harus pada mesin dan penampilannya saja, tapi juga
pada rantai roda vital di motor harus juga sering diperhatikan untuk
perawatannya, agar dijaga kebersihan dari pasir, debu dan air agar dapat
berfungsi baik. Jika diabaikan cepat aus, kendur bahkan bisa putus di jalan.
Agar tahan lama dan awet, harus
dibersihkan juga dilumasi. Namun sebelum memberikan pelumas pada rantai,
sebaiknya periksa kondisi rantai itu. Jika kotor, ada baiknya bersihkan rantai
lebih dulu.
Untuk tips
membersihkan rantai pada motor second, baiknya pakai air sabun
dibantu sikat. Cara ini terbilang lebih aman meskipun temponya cukup lama
apalagi debunya campur oli.
Jika kotoran sulit terangkat, atasi
dengan bensin atau solar. Contohnya saat membersihkan rantai motor bebek.
Seluruh bagian hingga ke celah rantai harus dibersihkan, sekaligus permukaan
gir depan maupun belakang. Kalau sudah bersih, diuci air sabun dan dibilas air
bersih. Tapi, jangan biarkan terlalu lama dan segera keringkan menggunakan lap
kain untuk mencegah karat.
Lanjut semprotkan pelumas secukupnya
secara merata. Pakainya oli baru yang punya kekentalan atau SAE 60W dan jangan
gunakan gemuk. Karena sifat gemuk yang lengket membuat pasir dan debu mudah
menempel hingga menyebabkan abrasif.
Selain kebersihan rantai, periksa
dan sesuaikan ketegangan rantai agar tidak memberikan efek entakan saat motor
berakselerasi maupun deselerasi. "Rantai kendur juga menimbuklkan suara
berisik.
Perhatikan juga jenis rantainya
motor. Jika memiliki sistem pelumasan tertutup yang tiap mata rantai terdapat
sil karet, tidak dianjurkan menggunakan bensin saat pembersihan. Karena merusak
karet-karet sil.
Meski sering kali anda sudah
membersihkan dan sirami dengan air untuk mencucinya, tapi tetap saja semakin
lama bodi anda terlihat kusam dan tak
menarik. Dengan tampilan yang beda sering membawa kesan tersendiri. Selain saat
ini tampilan-tampilannya cat motor sudah dirancang menarik oleh produsen sepeda
motor tersebut, ditambah perawatan, akan membuatnya tampil lebih berkelas dan
juga menambah keyakinan sehingga bangga dalam mengendarainya.
Banyak iklan-iklan pemoles bodi
sepeda motor di televisi dengan menggunakan sepeda motor tipe sport,
menampilkan bintangnya bercermin pada tangki bensinnya yang mengilat. Body
sepeda motor yang umum beredar di Indonesia sebagian besar terbuat dari bahan
plastik padat yang mempunyai karakteristik mudah pecah, tergores, dan pudar
sehingga perlu disiasati agar body kendaraan anda tidak rusak, berikut ini tips
merawat cat body motor second :
Jika pada musim kemarau usahakan
kendaraan Anda selalu dalam keadaan bersih dari debu dan kotoran yang ada
selama Anda mengendarai kendaraan tersebut. Tempatkan sepeda motor di tempat
yang teduh supaya cat tidak mudah kusam dan pudar warna kendaraan Anda. Jika
ingin membersihkan debu yang menempel di bodi, jangan menggunakan lap kering
karena dapat menyebabkan tergoresnya cat. Sebaiknya bersihkan debu dengan bulu
ayam.
Lakukan pencucian kendaraan Anda
dengan sampo yang banyak beredar di pasaran. Jangan menggunakan sabun atau
deterjen karena akan merusak bodi kendaraan Anda dan yang paling penting
langsung dilap sampai kering dan sisa-sisa sabun hilang. Sisa-sisa sampo
membuat cat menjadi kusam. Dalam mencuci sepeda motor, sebaiknya gunakan lap
yang berpermukaan halus dan tidak berserat agar cat tidak tergores.
Dampak negatif air hujan. Jangan
abaikan juga perawatan bodi saat musim penghujan tiba. Air hujan bersifat asam,
lebih parah lagi di kota-kota besar. Air yang asam tersebut akan merusak cat,
bahkan jangka panjangnya bisa korosi. Maka, pada saat-saat itu perawatan bodi
mutlak harus Anda lakukan karena kadar asam yang terdapat dalam air hujan bisa
memupus angan-angan Anda untuk memiliki kendaraan yang mengilat dan bernilai
jual tinggi. Untuk mencegah kerusakan pada cat, bekas-bekas air hujan pada bodi
harus di bersihkan dan dikeringkan. Jangan sekali-kali membiarkan sepeda motor
Anda teronggok begitu saja sehabis seharian diguyur air hujan atau basah karena
melewati genangan air karena di samping merusak cat, juga bisa mengakibatkan
karat pada mesinnya.
Dampak negatif kondisi pinggir laut.
Daerah pinggiran laut memiliki udara dengan kadar garam yang tinggi, apalagi
airnya. Sepeda motor yang sering digunakan di daerah tersebut perlu mendapat
perawatan ekstra akibat pengaruh garam tersebut. Garam terkenal sangat korosif
terhadap logam, misalnya pada mesin atau pelek. Bagi Anda yang hobi
jalan-jalan-ke pantai, segera bersihkan dari dampak garam tersebut dengan
mencuci bersih sepeda motor memakai sampo yang direkomendasikan.
Cat tidak boleh terlalu sering
dipoles. Penggunaan pemoles bodi yang membuatnya mengilat dan terlalu sering
akan menipiskan lapisan cat.
Sekian tips singkat tentang informasi
otomotif dari saya semoga bermanfaat bagi pembaca dan para
bikers.
Jika mesin motor
second anda sering mengalami kerusakan pada bagian blok atau
secara tiba-tiba blok motor anda sering banjir. Anda jangan langsung memutuskan
untuk membawa kendaraan anda ke bengkel, karena ada cara yang lebih efektif
dalam menangani kerusakan seperti ini.
Maka cara yang cepat untuk tips
memperbaiki blok mesin motor second tersebut ialah dengan
membuka blok besin motor anda dengan sebuah obeng tentunya, ada syarat yang
paling utama adalah anda harus memilik perlengkapan seperti kunci-kunci, tang,
obeng dan perlengkapan lainnya. Karena jika anda sudah memiliki perlengkapan
tersebut tapi anda tak tahu caranya, kan percuma.
Berikut ini penjelasannya :
Siapkan Peralatan anda seperti obeng dan tang, Buka satu persatu sekrup
yang mengunci blok mesin pada motor anda.
Setelah semua penutup blok terbuka,
coba anda perhatikan ‘pelampung‘ yang terdapat di dalam blok mesin motor anda .
Bila ‘pelampung‘ yang terdapat pada
blok mesin Anda terlihat baik, maka coba Anda periksa saluran atau selang
bensin yang menghubungkan mesin ke tangki pengisian. Bila semua dirasa
baik-baik saja, silahkan anda coba untuk meng’engkol atau men'sela motor anda
sesekali.
Penjelasan di atas menjelaskan bila
‘ pelampung ‘ yang terdapat pada blok mesin Anda dalam kondisi baik. Bila
‘pelampung‘ tersebut dalam keadaan tidak normal, Ada cara mudah kok untuk
memperbaikinya. Buka tiap-tiap baut pada penutup pelampung, Goyang-goyangkan
lah pelampung tersebut dengan gerakan ke atas dan kebawah.
Bila salah satu kipas yang terdapat
pada ‘pelampung‘ itu ada yang bengkang, maka betulkanlah kipas tersebut.
Jangan lupa menutup keran mesin
motor anda bila anda sedang memperbaiki kerusakan tersebut, karena bisa
membahayakan diri anda dan orang lai
Pada banyak bagian part motor yang berlapiskan krom, sebut
saja dari knalpot, gagang spion sampai rak barang. Kesan yang timbul, motor
terlihat lebih mewah dan elegan. Makanya perlu perawatan khusus supaya lapisan
krom tetap terlihat kinclong tanpa khawatir bikin pudar.
Memang, di pasaran onderdil banyak
yang menjual obat poles khusus krom. Tapi kalau mau cara mudah dan gampang, ada
sedikit tips merawat lapisan krom pada motor second
biar enggak perlu belanja ke toko spare-part, tapi bisa cari di pasar
tradisional, atau apotek. Hanya butuh perlakuan halus untuk merawat krom.
Krom bisa dirawat dengan tepung
kanji atau bedak khusus bayi, bersihkan dahulu barang yang sudah berlapis krom
dengan sabun cuci piring, dan gunakan air mengalir, bukan air bertekanan
tinggi," Intinya, sabun cuci piring diyakini punya kemampuan lebih untuk
mengangkat kandungan lemak ataupun oli yang tertinggal. begitu juga penggunaan
air bertekanan yang bisa membuat lapisan krom terkelupas.
Setelah bersih, lanjutkan dengan
memoles permukaan krom pakai bedak bayi, atau kalau mencari di dapur, coba
gunakan tepung kanji. "Bedak bayi dan tepung kanji lebih halus dan enggak
ada partikel yang bisa merusak lapisan krom,".
Maksudnya, biar tak kasatmata
terlihat, tapi partikel halus yang terkandung dalam obat poles akan membuat
lapisan krom pudar. Indikasinya, lama kelamaan krom akan terlihat kuning, dan
efek paling parah, lapisan krom akan hilang.
Beda dengan obat poles yang bukan
diperuntukkan krom, biasanya ketika dipegang, akan terasa partikel seperti
pasir, walau halus. Saat memoles, bisa dengan gerakan memutar, atau bisa juga
searah. Tinggal poles saja beberapa bagian misal knalpot atau gagang spion.
Jangan ketinggalan bagian tekukan,
soalnya pada bagian ini lapisan krom paling tipis. Jadi harus ekstra hati-hati.
Dan jangan lupa menggunakan kain lap halus ketika memoles krom nya.
Pemakaian bagasi atau yang lebih
dikenal box motor kini tengah menjadi trend dikalangan bikers. Pengadopsian box
ini selain memiliki manfaat bagi pengendara juga menjadikan motor
second menjadi lebih fashionable. Dengan banyaknya para pengguna
sepeda motor yang menggunakan box sebagai aksesoris motor murah tambahan
yang menempel pada sepeda motornya. Pada umumnya box yang di gunakan oleh
pengguna sepeda motor ada dua jenis, yaitu box belakang dan box samping. Salah
satu produsen box motor berlabel GIVI menjadi pelopor perkembangan penggunaan
box motor di tanah air. Box yang berasal dari Italia ini menjadi pilihan para
bikers karena model-modelnya yang modis dan elegan.
Bagi anda yang berminat memasang box
motor agar tampilan motor anda menjadi lebih modis dan praktis membawa
barang-barang, anda dapat memasang sendiri box sendiri tanpa harus kebengkel.
Berikut tips pemasangan box pada motor second, dalam
hal ini penerapannya pada motor second matic, namun tips ini tidak menutup
kemungkinan untuk diterapkan pada motor lainnya.
Untuk pemakaian box, hal yang paling
utama adalah pemilihan box dalam arti disesuaikan dengan postur motor. Ada
baiknya ukuran box tersebut di sesuaikan dengan dimensi motor anda, paling
tidak di sesuaikan dengan kebutuhan kita,seperti barang apa yang biasa kita
bawa dan isi dari box tersebut nantinya.Jangan sampai anda salah membeli ukuran
dan kurangnya harmonisasi antara ukuran box dengan dimensi motornya.
Pengguna sepeda motor banyak yang
mulai memasang box belakang menjadi box samping untuk membuat tampang motornya
menjadi semakin gemuk dan gagah tetapi tolong untuk yang memasang box
perhatikan juga ukuran sepeda motornya jadi jangan sampai motor kecil
menggunakan box yang berukuran besar. Jadi gunakan ukuran box yang sesuai dengan
ukuran sepeda motor.
contohnya, misalnya sepeda motor
matic Honda Vario malah menggunakan box Givi jenis E55 Maxia dan Side Box V35
tidak seimbang karena itu terlau kebesaran dan agar memilih box sesuai dengan
postur motornya, anda sesuaikan jangan terlalu kecil dan jangan terlalu besar
Bagi pengendara motor matic untuk memakai GIVI E35 yang memiliki kapasitas 35
liter. "Vario punya bodi besar, cocoknya pakai (GIVI) E35. Box ini dapat
memuat helm, jaket sampai tas." terbilang cukup mudah dan tidak perlu
merubah bentuk asli motor. Pertama behel belakang di copot, caranya dengan
melepas baut pengikat behel dengan kunci ring lalu diganti braket atau dudukan
box. Kemudian pasang box lalu dikencangkan dengan baut bawaan pabrik.
"Jadi tidak ada perubahan sama sekali."
Tentang bagaimana
dasar-dasar tips
merawat motor second empat tak, jika ini dilakukan secara rutin di jamin lebih awet
Berikut dibawah ini tips nya :
Cek Kondisi
Oli : Oli mesin ini sangat penting peranannya untuk melumas
komponen-komponen mesin, seperti stang saher, saher, dan ring saher, kruk as
dan noken as atau stang klep. Oleh karena itu, jika keberadaan minyak pelumas
sudah berwarna kehitam-hitaman atau kelenturan daya lumasnya berkurang, maka
sebaiknya diganti. Ganti oli secara periodic dan gunakan sesuai dengan
rekomendasi dari kendaraan kamu.
Cek Kondisi
Aki : Jangan dibiarkan air accu melewati batas maksimum dan minimum
yang akibatnya bisa mempercepat kerusakan pada sel-sel accu. Kalau perlu
tambahkan aki pada pagi hari. Selain itu, jika baterei atau accu tersebut sudah
melemah secepatnya diganti, sebab jika dipaksakan selain kedua kutub positif
dan negatif akan mengeluarkan korosi (serbuk putih), korosi tersebut akan menjalar
ke bagian kabel-kabel utama yang menghubungkan arus listrik ke saluran lampu,
dinamo, atau bagian-bagian lainnya. Oleh karena itu, jika terjadi hal itu, arus
listrik yang dihantarkan baterei atau accu tidak sempurna dan bisa menyebabkan
kerusakan pada komponen dinamo, kontak mesin maupun switch lampu. Satu hal yang
perlu diperhatikan jika accu sudah lemah atau tidak mampu di starter dan
distarter, jangan dipaksakan dengan mendorong sepeda motor untuk
menghidupkannya. Sebab bisa merusak gigi transmisi.
Periksa Rantai dan
Gir : Jangan biarkan rantai terlalu kendor, atau terlalu kencang.
Terlalu kendor bisa membuat rantai copot dari girnya, sementara terlalu kencang
bisa mengakibatkan putus rantai. Cek juga kondisi gir, jika sudah tajam segera
ganti karena jika tidak rantai bisa tiba-tiba putus. Bahaya kan, kalo lagi
ngebut tiba-tiba putus rantai.
Periksa Kabel Koil dan
Busi : Perhatikan keberadaan kabel koil yang menghubungkan arus
listrik ke busi. Jika sudah cukup umur dan sudah terlihat ada retakan dan pengerasan
pada kabel tersebut, maka sebaiknya diganti. Juga perhatikan keberadaan busi
karena busi sangat vital untuk kelancaran sebuah mesin kendaraan.
Perhatikan Selang
Bensin : Komponen lainnya yang perlu diperhatikan selang bensin ke
karburator. Jangan membiarkan kondisi selang bensin mengeras atau terjadi
retakan-retakan, karena bagian dalam selang bisa jadi sudah tidak elastis yang
mengakibatkan serbuk kotoran yang berasal dari selang terbawa ke karburator.
Yang pada akhirnya akan terjadi penyumbatan suplai bensin dari tanki ke
karburator sehingga mengganggu sistem pembakaran.
Panaskan Mesin selama
1 Menit : Panaskan mesin sebelum motor dijalankan, tak perlu lama-ama
cukup 1-2 menit. Ini supaya sirkulasi oli bisa melumasi seluruh bagian dalam
mesin yang bergerak. Jangan terlalu lama memanaskan karena akan membuat pipa
knalpot menguning selain itu pastinya jadi buang-buang bensin.
Periksa tekanan angin
ban : Jangan terlalu keras dan juga jangan kurang karena bisa
berakibat kembang ban motor rusak sesuaikan dengan ukuran ban yang kamu pake.
Gunakan Selalu
Sparepart Asli : Lebih baik menggunakan sparepart asli dari
motor kamu mungkin lebih baik mahal sedikit, tapi puas dan tahan
lama daripada memakai yang tidak asli, murah tapi kalau harus ganti-ganti
terus ya sama aja mahal kan, daya tahannya juga kurang kalau pake yang imitasi.
Pilih dan kenali dulu sepeda motor
second yang anda inginkan. Jika anda sudah mempunyai pilihan sepeda motor
second maka perhatikan hal-hal sebagai berikut :
- Sesuaikan dengan kemampuan keuangan anda dalam pembayaran Angsuran, karena beberapa lembaga keuangan kredit akan mengambil sepeda motor Anda jika telat membayar angsuran dalam jangka waktu dua bulan.
- Hitunglah harga total sepeda motor yg Anda beli dan bandingkan dgn angsuran perbulan dan lamanya kredit.
- Sebaiknya ambil Kredit motor Murah yg DP besar angsuran ringan dan jangka waktu singkat, untuk untuk hal ini Anda bisa konsultasi dgn customer service.
- Jangan mudah tertipu dgn bujuk rayu marketing atau sales, karena dibalik itu semua beberapa dari mereka hanya mengejar target penjualan.
- Ambilah sepeda motor secara langsung tanpa melalui jasa orang lain, jadi Anda sendiri dapat berkomunikasi langsung dgn pihak dealer tanpa harus melalui perantara (calo). Hal ini karena adanya komisi yg diberikan dari pihak dealer kepada calo atau perantara pembeli.
- Ingat hindari calo (perantara) karena telah terjadi banyak penipuan penjualan sepeda motor yg dilakukan oleh calo dgn janji-janji kemudahan proses pembelian sepeda motor.
- Kredit motor second murah dapat dilakukan pada saat dealer melakukan promosi. Biasanya akan ada discount yg nilainya lumayan besar. Seperti promosi saat lebaran, natal, dan tahun baru.
- Buka wawasan anda tentang sepeda motor, jika Anda seorang pecinta sepeda motor dan selalu ingin tampil update dgn sepeda motor sebaiknya tanya dulu tentang launching produk baru. Jangan sampai Anda membeli sepeda motor yg rusak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar